Kamis, 29 Desember 2016

Ragam Bimbingan Menurut Masalah


Masalah individu, memiliki empat jenis bimbingan yaitu:
1.      Bimbingan Akademik
Bimbingan Akademik merupakan bimbingan yang mengarah untuk membantu individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah dalam akademik. Masalah-masalah akademik, yaitu: pengenalan kurikulum, pemilihan jurusan, penyelesaian tugas-tugas dan perencanaan pendidikan lanjutan. Bimbingan ini, dilakukan dengan cara mengembangkan suasana belajar mengajar yang kondusif, agar terhindar dari kesuliatan belajar. Para pembimbing berupaya memfasilitasi individu dalam mencapai tujuan akademik yang diharapkan.
2.      Bimbingan Pribadi Sosial
Bimbingan ini, merupakan bimbingan untuk membantu individu dalam memecahkan masalah-masalah pribadi-sosial. Masalah-masalah pribadi-sosial, yaitu: masalah hubungan dengan sesama teman dengan guru/dosen serta staff, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dari masyarakat. Bimbingan pribadi-sosial diarahkan untuk mengembangkan kemampuan individu dan memantapkan kepribadian dalam menangani masalah-masalah dirinya.
3.      Bimbingan Karir
Bimbingan ini, merupakan bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah-masalah karir, seperti: perencanaan dan pengembangan karir, penyesuaian pekerjaan, pemahaman kondisi dan kemampuan diri.
4.      Bimbingan Keluarga
Bimbingan ini merupakan upaya pemberian bantuan kepada individu sebagai pemimpin atau anggota keluarga agar mampu menciptakan keluarga yang utuh dan harmonis, dapat menyesuaikan diri dengan norma keluarga. Bimbingan ini bersifat edukatif, pengembangan dan outreach. Teknik bimbingan yang digunakan yaitu teknik-teknik pembelajaran, pertukaran informasi, tutorial dan konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar