Kamis, 29 Desember 2016

Metode Psikologi


Metode Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri yang telah menggunakan metode ilmiah dalam mengumpulkan data yang diperlukan.

Metode dalam psikologi sebagai berikut:
  1. Metode Eksperimental: observasi terhadap suat kejadian atau gejala yang berlangsung dibawah kondisi tertentu. Cara ini dilakukan biasanya di dalam laboratorium dengan mengadakan berbagai eksperimen. Metode eksperimen dilakukan untuk menguji keabsahan dan kecermatan
  2. Metode Observasi: Pengamatan dan perekaman peristiwa untuk menarik kesimpulan. Metode ini dilakukan terhadap subjek dan objek. Peneliti mengidentifikasi subjek dengan mengamati perilaku subjek setiap harinya untuk mengetahui hasilnya.
  3. Metode Studi kasus: metode pendekatan untuk mempelajaru, menerangkan atau menginterprestasi suatu kasus dalam konteksnya. Metode ini dilakukan dengan cara menganalisa kasus.
  4. Metode Survey: metode yang mengumpulkan sejumlah besar individu melalui alat pengukur seperti wawancara.
  5. Metode Klinis: Metode ini hanya digunakan oleh para ahli psikologi klinis atau psikiater. Metode klinis hanya diberlakukan untuk menyelidiki anak atau siswa yang mengalami penyimpangan psikologis tak terkecuali penyimpangan perilaku( maladaptive behaviour atau misbehaviour)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar