18 Prinsip khusus bimbingan di lingkungan sekolah, yaitu sebagai berikut:
- Bimbingan ditunjukan bagi semua siswa;
- Bimbingan membantu perkembangan siswa kearah kematangan
- Bimbingan merupakan proses layanan bantuan kepada siswa yang berkelanjutan dan terintegrasi
- Bimbingan menekankan berkembangnya potensi siswa secara maksimum
- Guru merupakan co-fungsionaris dalam proses bimbingan
- Konselor merupakan co-fungsionaris utama dalam proses bimbingan
- Administrator merupakan co-fungsionaris yang mendukung kelancaran proses bimbingan
- Bimbingan bertanggung jawab untuk mengembangkan kesadaran siswa akan lingkungan dan mempelajarinya secara efektif
- Untuk mengimplementasikan berbagai konsep bimbingan melibatkan pihak administrator, konselor dan guru
- Bimbingan perkembangan membantu siswa untuk mengenal, memahami, menerima dan mengembangkan diri sendiri
- Bimbingan perkembangan berorientasi kepada tujuan
- Bimbingan perkembangan menekankan kepada pengambilan
- Bimbingan perkembangan orientasi masa depan
- Bimbingan perkembangan siswa sebagai seorang pribadi yang utuh
- Bimbingan perkembangan difokuskan kepada pengembangan kekuatan pribadi
- Bimbingan perkembangan cenderung membantu perkembangan siswa secara langsung
- Bimbingan perkembangan difokuskan kepada proses pemberian dorongan
- Bimbingan perkembangan berorientasi masa depan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar