Kamis, 29 Desember 2016

18 Prinsip khusus bimbingan di lingkungan sekolah


18 Prinsip khusus bimbingan di lingkungan sekolah, yaitu sebagai berikut:
  1. Bimbingan ditunjukan bagi semua siswa;
  2. Bimbingan membantu perkembangan siswa kearah kematangan
  3. Bimbingan merupakan proses layanan bantuan kepada siswa yang berkelanjutan dan terintegrasi
  4. Bimbingan menekankan berkembangnya potensi siswa secara maksimum
  5. Guru merupakan co-fungsionaris dalam proses bimbingan
  6. Konselor merupakan co-fungsionaris utama dalam proses bimbingan
  7. Administrator merupakan co-fungsionaris yang mendukung kelancaran proses bimbingan 
  8. Bimbingan bertanggung jawab untuk mengembangkan kesadaran siswa akan lingkungan dan mempelajarinya secara efektif
  9. Untuk mengimplementasikan berbagai konsep bimbingan melibatkan pihak administrator, konselor dan guru
  10. Bimbingan perkembangan membantu siswa untuk mengenal, memahami, menerima dan mengembangkan diri sendiri
  11. Bimbingan perkembangan berorientasi kepada tujuan
  12. Bimbingan perkembangan menekankan kepada pengambilan
  13. Bimbingan perkembangan orientasi masa depan
  14. Bimbingan perkembangan siswa sebagai seorang pribadi yang utuh
  15. Bimbingan perkembangan difokuskan kepada pengembangan kekuatan pribadi
  16. Bimbingan perkembangan cenderung membantu perkembangan siswa secara langsung
  17. Bimbingan perkembangan difokuskan kepada proses pemberian dorongan
  18. Bimbingan perkembangan berorientasi masa depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar